Beranda » Jenis Layanan » Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Iklan

 Lokasi Pelayanan : Kantor Kecamatan

Waktu Pelayanan : 5 (lima) hari kerja sejak langgal diterimanya berkas persyaratan secara lengkap.

Tarif : Gratis,

Kartu Tanda Penduduk yang selanjutnya disingkat KTP adalah identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Dinas dengan menggunakan sistem elektronik.

KTP berbasis NIK yang selanjutnya disebut KTP Eleklronik adalah KTP yang memiliki spesifikasi dan format KTP Nasional dengan sistem pengamanan khusus yang berlaku sebagai identitas resmi yang diterbitkan oleh Dinas.

Penduduk WNI yang telah berumur 60 (enam puluh) tahun atau lebih diberikan KTP yang berlaku seumur hidup. Keterlambatan terhadap perpanjangan dan penggantian dikenakan Sansi Administrasi berupa Denda sebesar Rp. -.

Kartu Tanda Penduduk adalah identitas resmi seseorang sebagai penduduk Kota Tasikmalaya. Kartu ini wajib dimiliki oleh penduduk DKI Jakarta yang telah berusia 17 tahun dan atau telah menikah.

Pembuatan KTP dilakukan selambat-lambatnya 14 hari sejak :

a. Tanggal berusia 17 (lujuh belas) lahun; atau
b. Tanggal perkawinan jika kawin di bawah usia 17 (lujuh belas) lahun;
c. Tanggal dilerbilkannya Sural Kelerangan Pindah Datang bagi penduduk
yang dalang dari luar daerah alau luar negeri; dan
d. Tanggal pelaporan perubahan status kependudukan dari penduduk sementara
Orang Asing menjadi penduduk

Penggantian KTP dilakukan selambat-lambatnya 14 hari sejak berakhir masa berlakunya KTP.

 

Contoh Blangko KTP untuk WNI

 

Contoh Blanko KTP untuk WNA

Persyaratan Pembuatan KTP Baru

Untuk memperoleh Kartu Tanda Penduduk (KTP) baru harus melengkapi syarat-syarat berikut :

a. Surat Pengantar RT/RW;
b. Asli dan Fotokopi :
1. KK
2. Kutipan Akta Kelahiran;
3. Kutipan Akta Nikah/Akta Kawin bagi penduduk yang belum berusia
17 (tujuh belas) tahun;
4. Paspor; dan
5. Izin Tinggal Tetap.
c. Bukti pembayaran keterlambatan pembuatan KTP.

 

Persyaratan Perpanjangan KTP

Untuk memperpanjang Kartu Tanda Penduduk yang sudah habis masa berlakunya harus melengkapi syarat-syarat berikut :

  • Surat Pengantar dari RT/RW
  • KTP lama yang sudah habis masa berlakunya
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Foto Langsung
  • Surat Keterangan lapor kehilangan KTP dari Kepolisian bagi yang kehilangan KTP
  • Bukti Pembayaran Keterlambatan Perpanjangan KTP

Masa Berlaku KTP

KTP berlaku untuk jangka waktu 5 tahun, kecuali manula (berusia di atas 60 tahun), KTP berlaku seumur hidup.

Prosedur Pelayanan

Tugas Kewajiban Penduduk : Datang ke kantor Kelurahan dengan membawa :

  • KTP lama
  • Foto copy Kartu Keluarga dan aslinya
  • Foto Langsung
  • Surat Pengantar dari RT / RW
  • Surat Kuasa bagi penduduk yang tidak bisa mengambil sendiri dengan diketahui RT / RW

Tugas dan kewajiban Kepala Kelurahan : Bila data penduduk sudah benar :

  • Menerima dan meneliti seluruh berkas persyaratan
  • Mencocokkan KTP lama warga dengan KTP baru
  • Menandatangani KTP dan menerima retribusinya
  • Menyelesaikan proses administrasi lainnya lebih lanjut

Namun apabila datanya salah, KTP yang mengalami perubahan data agar dibuatkan Surat Mutasi Rubah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: